Hentikan bullying meteran cerdas: Kami mengungkapkan katalog trik kotor yang digunakan perusahaan-perusahaan listrik untuk memaksa kami beralih ke meter digital

Share:

Hentikan bullying meteran cerdas: Kami mengungkapkan katalog trik kotor yang digunakan perusahaan-perusahaan listrik untuk memaksa kami beralih ke meter digital

Hari ini, Money Mail meluncurkan kampanye untuk menghentikan perusahaan energi menggertak pelanggan agar memiliki meteran cerdas yang dipasang di rumah mereka.

Kami dibanjiri surat, email, dan telepon dari pembaca yang merasa tertekan dan terintimidasi untuk mengalihkan pengukur gas dan listrik analog mereka untuk versi digital.

Perangkat baru - yang menunjukkan berapa banyak daya dan gas yang Anda gunakan dari menit ke menit dan mengirimkan data tersebut ke pemasok Anda - sepenuhnya opsional dan banyak orang memiliki alasan yang sah untuk menolaknya.

Sebagai contoh, hampir semua meter yang dipasang sejauh ini adalah yang kehilangan fungsi pintar mereka jika Anda berganti penyedia.

Maklum, banyak pembaca ingin menunggu sampai perangkat mampu bekerja dengan pemasok apa pun sebelum mereka melakukan swap.

Yang lain memiliki kekhawatiran privasi tentang bagaimana pemasok energi berencana untuk menggunakan data mereka - terutama setelah skandal Facebook - sementara beberapa khawatir tentang keamanan perangkat elektronik yang terkait dengan pasokan gas mereka.

Pemerintah telah menyatakan tidak ada orang yang berkewajiban untuk memasang meteran pintar. Namun postbag kami melotot dengan bukti bahwa perusahaan secara rutin memimpin pemilik rumah untuk percaya bahwa mereka tidak memiliki pilihan dalam masalah ini, dan bahwa mereka harus 'meningkatkan' segera. ceme online

Taktik intimidasi meliputi:

Mengisi lebih banyak orang kecuali mereka menerima pengukur cerdas;
Menyiapkan janji pemasangan untuk pelanggan yang belum memintanya;
Mengingkari janji untuk berhenti menghubungi pelanggan yang merasa dilecehkan;
Memberikan kesan kepada orang-orang bahwa mereka akan menghadapi tuntutan jika mereka tidak menerima meteran gratis;
Menyuap pelanggan dengan voucher Amazon senilai £ 50.
Hari ini, kami mengungkapkan alasan perusahaan menggunakan trik kotor ini - dan meletakkan tuntutan utama kami, yang harus mengakhiri semuanya untuk selamanya.

Yang terpenting, semua pemasok energi utama - Gas Inggris, E.ON, SSE, ScottishPower, npower dan EDF Energy - berada di bawah tekanan besar untuk memasang 50 juta meter pintar di rumah dan bisnis Inggris pada akhir 2020. Tetapi dengan dua-dan -sekarang setengah tahun lagi, mereka sejauh ini hanya dapat mencetak 11 juta.

Itu berarti perusahaan harus sesuai 24 smart meter setiap menit antara sekarang dan tenggat waktu. Jika mereka gagal memenuhi target, perusahaan-perusahaan listrik menghadapi denda berayun setara dengan 10 persen dari penjualan mereka di seluruh dunia. Dalam kasus terburuk, hukumannya bisa melebihi £ 7 miliar.

Pemasok telah diperintahkan oleh Pemerintah untuk mengambil 'semua langkah yang wajar' untuk memastikan setiap rumah memiliki meteran cerdas yang dipasang pada akhir 2020.

Tetapi perusahaan mengatakan bahwa mereka tidak mengeluarkan panduan tentang apa artinya 'semua langkah yang masuk akal' dalam praktiknya. Akibatnya, Big Six secara pribadi mengakui bahwa mereka mendorong batas sejauh yang mereka bisa.

"Ancaman denda besar seperti Pedang Damocles menggantung di atas kita," kata seorang sumber di salah satu pemasok utama. 'Ketika kami sudah menanyakan apa artinya' semua langkah yang masuk akal ', jawabannya adalah:' Kami akan memberi tahu Anda jika Anda telah melakukan cukup setelah tenggat waktu. '

"Kami mengambil pandangan bahwa satu-satunya cara untuk membuktikan bahwa kami telah melakukan cukup - dan menghindari denda - adalah memasang meter di rumah daripada hanya meminta pelanggan jika mereka menginginkannya."

Pemberhentian Mail Uang Kampanye Smart Meter Bullying meminta pemerintah untuk melonggarkan targetnya untuk peluncuran.

Menteri dapat mendorong kembali batas waktu 2020 atau mengurangi jumlah rumah di mana mereka perlu memasang meter. Misalnya, mereka dapat mengatakan bahwa pemasok harus memasangnya hanya di 80 persen rumah dan bisnis pada saat ini.

Secara pribadi, perusahaan energi mengatakan ini akan mengurangi kebutuhan taktik bullying karena mereka dapat lebih hati-hati menargetkan pelanggan yang mereka pikir akan tertarik.

Money Mail mengungkapkan pada bulan Februari bahwa pemasok memperkirakan biaya pemasangan meter di seluruh negeri telah menggelembung dari £ 11 miliar menjadi lebih dari £ 20 miliar.

Biaya ini dibebankan pada tagihan pelanggan sehingga dapat menghapus manfaat dari penghematan energi yang dijanjikan akan mereka dapatkan dari melihat angka penggunaan terbaru dan menerima tagihan bulanan yang akurat.

Money Mail memahami beberapa perusahaan khawatir jika mereka dipaksa memasang smart meter terlalu cepat, tukang yang mereka pekerjakan bisa mulai mengambil jalan pintas. Jika teknologi dipasang dengan buruk, itu bisa membuat keluarga berisiko terkena kebakaran atau ledakan.

Bagian kedua kampanye Money Mail memanggil regulator energi untuk menetapkan aturan yang jelas tentang apa dan apa yang bukan cara yang dapat diterima untuk mengiklankan perangkat kepada pelanggan.

Perusahaan harus menyatakan dengan jelas - dalam cetakan besar pada surat, email, teks dan selama panggilan telepon - bahwa memasang smart meter adalah opsional dan bahwa pelanggan memiliki hak untuk mengatakan tidak.

Ofgem juga harus mencegah perusahaan menyiapkan janji pemasangan untuk pelanggan yang belum memintanya.

Pengawas harus melarang perusahaan dari memesan harga energi terbaik mereka untuk pelanggan yang memiliki pengukur cerdas dan harus menindak tegas penggunaan insentif untuk membujuk orang untuk mendaftar.

"Meter cerdas membantu pelanggan menghemat uang," kata Menteri Energi Claire Perry. “Itulah sebabnya kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua konsumen ditawarkan kesempatan untuk meningkatkan pada akhir 2020.

'Pemasok harus memperlakukan pelanggan dengan adil dalam cara mereka berkomunikasi dengan mereka dan kami mengharapkan regulator Ofgem memastikannya.'

Seorang juru bicara Energi Inggris mengatakan: 'Perusahaan telah menguji coba berbagai pendekatan yang berbeda dan kami bekerja dengan pemasok pada prinsip-prinsip praktik-baik untuk peluncuran meteran cerdas.'

Seorang juru bicara Ofgem mengatakan: 'Tidak wajib memasang smart meter - konsumen memiliki hak untuk menolaknya dan pemasok tidak boleh menyesatkan konsumen.'

Pemasok memesan pas tanpa izin saya - saya sangat marah: Kathy, 65, adalah salah satu dari ribuan yang diburu oleh perusahaan energi yang tidak mau menerima jawaban

 Oleh: SARA SMYTH

Hampir tujuh bulan telah berlalu sejak Money Mail pertama kali melaporkan pada pelanggan pemasok bullying energi untuk mendapatkan meter pintar - dan pembaca mengatakan taktik intimidasi hanya semakin kotor.

Setiap minggu, kami menerima puluhan keluhan dari pelanggan yang telah dibombardir dengan panggilan, teks, dan surat yang membuatnya tampak seperti mereka harus segera mendapatkan teknologi baru.

Beberapa telah menemukan bahwa ini tidak benar dan telah menulis kembali ke pemasok mereka, memohon junk mail untuk berhenti. Namun rentetan itu jarang berhenti.

Anne Dagen, dari Stanwick, Northamptonshire, mengatakan dia dilanda gelombang kemarahan setiap kali sebuah surat datang dari pemasoknya, E.on.

Surat-surat yang dia dan pelanggan lain terima adalah beberapa Surat Uang paling agresif yang pernah dilihatnya.

Beberapa negara bagian, dengan huruf tebal, huruf merah, bahwa 'meter Anda sedang dihapus' dan 'kita perlu mengubah meteran Anda'.

Pembaca mengatakan mereka ditinggalkan dengan kesan bahwa pergantian adalah kesimpulan terdahulu - meskipun mereka memiliki hak untuk menolak.

Pada bulan Juli tahun lalu, Anne menerima kira-kira satu dari jenis surat ini setiap bulan. Dia mengeluh tentang dilecehkan dan ditawari kompensasi 10 poundsterling.

E.on berjanji bahwa keluhannya akan dicatat di akunnya dan Anne tidak akan mendengar tentang instalasi untuk 'masa mendatang'.

Namun, hanya enam bulan kemudian, surat-surat itu mulai berdatangan lagi. Pada bulan Januari, E.on menulis bahwa Anne perlu melakukan upgrade ke peralatan baru.

Kemudian, pada bulan Maret, sebuah email tiba dengan mengatakan: 'Anda baru-baru ini mengatakan kepada kami bahwa Anda tertarik menjadi salah satu orang pertama yang memiliki meteran cerdas baru.'

Anne mengatakan dia tidak pernah memberi tahu E.on hal semacam itu. "Ini sangat membuat frustrasi karena seluruh siklus telah dimulai lagi," katanya. "Seolah-olah mereka telah menghapus catatanku dan mengabaikan fakta bahwa aku telah membuat dua keluhan resmi."

Anne menolak kompensasi 10 poundsterling, mengatakan hal itu sama sekali tidak mencerminkan kekesalan yang dia sebabkan.

Seorang juru bicara untuk E.on meminta maaf karena tidak mengeluarkan Anne dari milisnya ketika dia bertanya.

Oktober lalu, E.on berjanji untuk mengurangi bahasa yang digunakannya ketika menghubungi pelanggan tentang smart meter, setelah Money Mail melaporkan perusahaan kepada Ofgem.

Pada saat itu, korespondennya mengatakan: 'Ini adalah persyaratan hukum dan kami ingin membuat Anda tetap aman. Saat kami menggantinya, kami akan memberi Anda meteran pembacaan-sendiri gratis. '

Namun, bukti menunjukkan bahwa perusahaan telah melanjutkan taktik bullishnya.

Kami telah melihat surat-surat tertanggal Februari 2018 yang menyatakan: 'Meteran listrik Anda adalah model lama yang perlu kita ganti dengan meteran mandiri yang bebas membaca. Kami perlu memasang meter pintar di rumah pelanggan kami sebagai bagian dari program peningkatan nasional. '

John, 78, dari Hertfordshire, menerima satu dari surat-surat ini dari E.on September lalu.

Dia menulis balasan yang berapi-api, mengatakan pada E.on untuk berhenti mengganggu dia - tetapi kemudian dihubungi empat kali dalam satu bulan. Bulan lalu, dia menerima dua surat dan dua panggilan telepon dari perusahaan.

Seorang juru bicara E.on meminta maaf dan perusahaan itu sekarang telah memindahkan John dari milisnya.

Money Mail telah mendengar beberapa akun perusahaan yang memimpin pelanggan untuk percaya bahwa mereka dapat dikenakan biaya untuk pemasangan meteran cerdas jika mereka tidak setuju dengan satu sekarang.

Salah satu pelanggan, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan: 'Ini disajikan seperti bom waktu. Jelas terdengar seperti Anda akan berakhir dengan satu, apakah Anda menginginkannya atau tidak. '

Pelanggan ini adalah dengan Gudang Utilitas, tetapi perusahaan mengatakan tidak memiliki catatan untuk memberikan pelanggan informasi apa pun yang akan menyarankan mereka harus membayar untuk meteran pintar.

Semua pemasok memiliki cara yang sedikit berbeda untuk mencoba meyakinkan pelanggan mereka untuk mendaftar.

Utilitas Pertama telah menawarkan voucher Amazon senilai £ 50 kepada pelanggan yang setuju untuk memasang meteran cerdas dalam bulan depan.

Tahun lalu, kami menangkap perusahaan yang memesan janji pemasangan smart meter untuk pelanggan - meskipun mereka tidak memintanya.

Bukti yang Anda kirimkan ke postbag kami menunjukkan praktik ini berlanjut - pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Kathy Relf, ​​65, berjuang untuk menahan kemarahannya ketika Npower mengirim email padanya mengatakan sebuah janji telah dipesan untuk meteran cerdas untuk dipasang ketika dia tidak meminta untuk satu dan tidak ingin meter yang baru.

Email itu, yang dilihat oleh Money Mail, menyatakan: 'Pengukur cerdas Anda yang baru akan datang. Konfirmasikan pengangkatan smart meter Npower Anda. '

Produser radio yang sudah pensiun itu diberitahu bahwa dia punya janji dalam waktu dua minggu.

Email tersebut melanjutkan: 'Kami ingin datang dan menyesuaikan meteran cerdas Anda tetapi hanya dapat menjamin kami akan dapat menyesuaikannya jika Anda mengonfirmasi tanggal ini atau memilih yang baru dalam lima hari ke depan.'

Kathy membatalkan pengangkatan dan meminta tidak ada komunikasi lebih lanjut dari Npower tentang dual fuel smart meter.

Dia mengatakan: 'Saya tidak pernah mendengar diberi janji yang tidak saya minta.

"Ini agak kaya karena ketika Anda menginginkan sesuatu yang disortir, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan janji dengan Npower."

Seorang juru bicara Npower mengatakan bahwa menawarkan janji dengan cara ini sejalan dengan Kode Praktik Instalasi Metering Cerdas.

Pada bulan Januari, Mail melaporkan bahwa raksasa energi telah dituduh melanggar hukum perdagangan dengan menekan pemilik rumah untuk mendapatkan meter yang cerdas.

Beberapa perusahaan membuatnya terdengar seperti persyaratan hukum untuk mengganti meteran Anda.

Kepala Standar Perdagangan mengatakan kepada perusahaan-perusahaan listrik yang memberi pelanggan kesan ini melanggar hukum konsumen.

The Chartered Trading Standards Institute menulis kepada Energy UK, yang mewakili pemasok besar, untuk meningkatkan kekhawatiran tentang cara perusahaan memasarkan meter.

Namun para pembaca Money Mail mengatakan bahwa para pemasok mereka, di bawah tekanan besar untuk terus meluncurkan meteran cerdas, masih menggunakan cara penjualan yang keras.

George McClure, 70, akan kehilangan £ 144 per tahun jika dia tidak mendaftar untuk smart meter dengan providernya saat ini. Kepala sekolah yang sudah pensiun dan istrinya, Maureen, juga 70, telah membayar £ 90 sebulan untuk bahan bakar ganda dengan Utilitas Pertama selama lima tahun terakhir.



Baca lebih lanjut: http://www.thisismoney.co.uk/money/bills/article-5600925/Stop-smart-meter-bullying-tricks-power-firms-use-force-switch-digital-meters.html#ixzz5Cf7bV3mO
Ikuti kami: @MailOnline di Twitter | DailyMail di Facebook
Mereka diberitahu tarif mereka saat ini akan berubah menjadi £ 98 jika mereka memperbarui bulan depan.

Tetapi kesepakatan ini hanya berlaku jika smart meter dipasang. Tanpa meteran cerdas, kesepakatan terbaik yang bisa didapat pasangan ini adalah £ 110 per bulan.

George tidak menginginkannya, tetapi juga tidak ingin menghabiskan banyak energi.

Dia mengatakan: 'Ini adalah cara curang untuk memaksa tangan saya, tetapi saya menolak memiliki perangkat di rumah saya yang merusak privasi saya.'

Seorang juru bicara First Utility mengatakan bahwa perusahaan itu memperjelas ketika seorang pelanggan mendaftar bahwa tarif yang mereka tawarkan bergantung pada pemasangan smart meter dalam waktu enam bulan.

Saverio D'Amico, 67, mengatakan dia merasa tertipu untuk menerima meteran cerdas setelah dia dikirim surat yang tampaknya tidak berbahaya mengklaim meteran listrik analognya telah mencapai akhir masa pakainya.

Pensiunan insinyur dari Peterborough mengikuti instruksi surat itu untuk menelepon E.on untuk mengatur pengganti yang serupa. Sebaliknya, ia disambut oleh penasihat meteran yang cerdas yang berterima kasih kepadanya karena meminta teknologi baru.

Saverio mengatakan: 'Saya merasa tertipu - seperti mereka menggunakan trik pikiran untuk menarik saya masuk. Saya sedikit bingung sepanjang panggilan telepon dan penasihat itu terus berbicara tentang saya. Jadi, pada akhirnya, saya menerimanya dan memasang meterannya. '

Saverio tidak menyadari bahwa menempel dengan pengukur analog adalah pilihan baginya.

Seorang juru bicara untuk E.on mengatakan bahwa Saverio tidak menghubungi perusahaan untuk mengatakan dia tidak menginginkan meteran yang cerdas. Dikatakan itu sedang dalam proses memperbarui surat dan email untuk membuatnya lebih jelas bahwa meter pintar tidak wajib.

Juru bicara menambahkan: 'Kami berkewajiban untuk menghubungi pelanggan kami tentang meningkatkan meter pintar mereka sebagai bagian dari komitmen kami terhadap Ofgem.' Juru bicara Energy UK mengatakan: 'Industri energi telah memasang lebih dari 11 juta meter pintar di Inggris.

'Pelanggan telah melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi secara keseluruhan baik untuk smart meter itu sendiri (80 persen) dan kunjungan instalasi (89 persen).

'Perusahaan-perusahaan energi bekerja keras untuk memungkinkan sebanyak mungkin orang merasakan manfaat yang dibawa oleh meter pintar dan memastikan peluncuran dilakukan dengan aman, efisien, dan hemat biaya.

'Pemasok tetap berkomitmen untuk memenuhi tenggat waktu Pemerintah untuk memastikan semua rumah tangga dan bisnis ditawarkan meteran cerdas pada tahun 2020.'

178 comments:

  1. Bermain domino online adalah hal yang sangat menyenangkan untuk para peminat judi poker karena dapat menambah penghasilan sampingan. http://88pokeronline.co/situs-bandarq-online-terpercaya/

    ReplyDelete
  2. Kartu domino99 memiliki 28 buah kartu yang dimainkan maksimal 6 orang dalam 1 meja. https://99dominoqq.co/situs-poker-online/

    ReplyDelete
  3. Ketika melakukan permainan sebaiknya bermula dari meja yang terkecil untuk memperpanjang jangka permainan kita meskipun modal kita cukup banyak. http://bandarqonline99.com/poker-online-android-indonesia/

    ReplyDelete
  4. Bermain domino99 adalah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh dan juga bisa menguntungkan untuk kita. http://mdomino99.biz/

    ReplyDelete
  5. Gan, sudah pada bisa membuat keputusan bagus di meja agar bisa menang saat bermain poker online, domino online, atau bahkan bandarQ online? http://asikqq.biz/

    ReplyDelete
  6. Keputusan tentang situs judi online mana yang akan kalian mainkan ini akan sangat mempengaruhi keseluruhan pengalaman kalian gan. https://99situsbandarq.biz/

    ReplyDelete
  7. Ini sedikit lebih sulit, karena banyaknya pilihan yang tersedia berarti membuat keputusan ini bisa sangat menantang. http://pkvgames.biz/poker-online-indonesia/

    ReplyDelete
  8. Mengenai pemain yang belum tahu, tidak mudah bagi mereka untuk memutuskan urutan prioritas dalam memilih situs judi online di mana mereka bisa merasa nyaman gan. https://judiqqonline.co/

    ReplyDelete
  9. Mereka hanya ingin memulai sesegera mungkin, tanpa harus meneliti berbagai pilihan yang tersedia bagi mereka. Ini benar-benar bisa dimengerti. http://qqahli.com/

    ReplyDelete
  10. Tim review dari beberapa situs terus melakukan penelitian dan pengujian pada berbagai jenis situs perjudian. http://www.bpm2009.org/

    ReplyDelete
  11. dapat menunjukkan tingkat integritas dan transparansi yang nyaman bagi kita. http://asik4u.net/situs-poker-bandarq-terpercaya/

    ReplyDelete
  12. Jika kalian menemukan situs yang ingin kaliandan kalian tidak sepenuhnya yakin bahwa mereka memenuhi kriteria dan ragu apakah ini tempat yang dapat dipercaya untuk dimainkan. http://dominoqqonlines.com/

    ReplyDelete
  13. kalian harus memastikan bahwa uang Anda akan dibayar dalam waktu yang tepat. http://situs2bandarq.net/

    ReplyDelete
  14. Saat ini terdapat beberap server seperti PokerV dan IDN karena kualitas perangkat lunak bisa dibilang merupakan dampak terbesar pada seberapa banyak kalian menikmati permainan. https://99situsjudionline.com/5-situs-agen-poker-domino-99-terpercaya/

    ReplyDelete
  15. Pertimbangan Pertimbangan penting lainnya nih gan, Ketika harus memilih situs poker, atau jenis situs perjudian apa pun. https://campionqq.com/

    ReplyDelete
  16. mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman bermain online terbaik untuk Pemula dan selalu Instan gan. http://asikqiu.biz/

    ReplyDelete
  17. ketika anda mengalami 12 kekalahan beruntun bermain BandarQ Online. agan agan harus berpikir bahwa menghasilkan keuntungan di judi online itu sangat sulit. http://qqmaindomino99.com/

    ReplyDelete
  18. Satu-satunya cara untuk selalu mengikuti perkembangan saat ini adalah membaca strategi terbaru, meninjau permainan ente sendiri. https://asik99.com/

    ReplyDelete
  19. ketajaman pola pikir itu penting gan karena menghasilkan uang melawan lawan anda di meja judi tidaklah sesederhana kelihatannya.
    http://murahqq.asia/

    ReplyDelete
  20. maka anda perlu mencatat kemenangan dan kekalahan Anda, mulailah melakukannya sekarang juga gan!!! Cari tahu berapa tingkat kemenangan atau kekalahan ente gan. https://judidominoqq.co/

    ReplyDelete
  21. persaingan judi online memberikan bonus tunai kepada pemain baru untuk menarik mereka bermain di situs mereka begitu banyak. https://topsitusjudi.org/

    ReplyDelete
  22. Untuk mendapatkan bonus besar, agan agan tidak bisa hanya menghabiskan waktu di meja judi dengan modal 15.000, Secara matematis. https://situspokerqq.biz/

    ReplyDelete
  23. menebalkan dompet ente. makanya Bonus yang di tawarkan semakin besar, ente setor juga harus lebih besar gan! https://daftarsitusqq.net/

    ReplyDelete
  24. We have a professional panel instagram ready to serve you anytime you need with instant start and amazing speed to deliver your SMM work with efficacy and speed. We are waiting for your Cheap SMM orders starting today and please note that we accept auto payments for your orders and we have api to serve any SMM PANEL Owner around the globe.

    ReplyDelete
  25. Of course Cryptocurrency calculator is majorly and most often used by foreign exchange and cryptocurrencies traders, it’s a must use tool that allows them to monitor the current and most updated exchange rates of various foreign currencies and cryptocurrencies which make it easier for them to trade in the Forex and crypto market. It also used by researchers from different fields. Not to forget some curious people who use currency converter just to compare and know the current rates, how powerful and influential their country’s currency to other foreign currencies.

    ReplyDelete
  26. For the most part I don't read post on web journals, anyway I wish to state this review exceptionally compelled me to look at and do it! Your composition taste has been astonished me. Much appreciated, very pleasant article. More info

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Fianlly, did you know that social media marketing has a 100% higher lead-to-close rate than outbound marketing? Or that 84% of B2B marketers. first smm reseller panel

    ReplyDelete
  29. untuk mulanya permainan poker online ini cuma bagi hiburan tapi lama kelamaan kemujaraban alamat permainan ini solo kembali waktu ini berubah.


    http://ilovemoneys.info/member.php?action=profile&uid=19751

    ReplyDelete
  30. 't Be Limited To Just The People You Know! You Can Own A Guaranteed Money Making Business! Get Your Own Website With Free Advertising To Reach & Refer Thousands & Thousands Of People. shopping online

    ReplyDelete
  31. dominoqq online yang sehingga bisa bersama aspek ini sutus tercatat dapat menghasilkan sebahagian membernya dapat semakin belas kasihan kasihan di guna memastikan type permainan judi yang sesuai bersama kemauan dan tambah skill membernya tertulis http://dev.itidjournal.org/index.php/itid/comment/view/1506/0/5540

    ReplyDelete
  32. Sekali pun bunga yg didapatkan lagi https://ultiqq.com/ meniru business jalan berlawanan pemain.

    ReplyDelete
  33. Maka semenjak itu kamu dapat disarankan buat Asik99 main bersama sebaik jangan-jangan kepada bela tidak sedikit taruhan dalam permainan tersebut.

    ReplyDelete
  34. Maka perhitungannya yaitu kalau dalam 1 putaran Mdominoqq sahabat kamu menang rupiah. 1,000,000.

    ReplyDelete
  35. Kompensasi yg didapatkan kepada seputar https://murah99.net pemain setia judi online.

    ReplyDelete
  36. Makin tidak sedikit kawan yg kita ajak buat join https://campionqq.co dalam bentuk termasuk maka bakal makin tidak sedikit kompensasi yg kita dapatkan.

    ReplyDelete
  37. Sekalipun, bila formula main-main kamu tak tepat https://ahli99.co dgn paduan yg tersebut dan keseluruhan taruhan singkat maka hadiah yg didapatkan sedikit.

    ReplyDelete
  38. Live chat yg sedia bermanfaat pada https://masterdominoq.co tahu info-info dan info yg tak kita ketahui,

    ReplyDelete
  39. Seandainya dalam 1 pekan keseluruhan https://angka99.net turnover kamu rupiah. 1,000,000 maka kamu bakal memperoleh balasan turnover se besar rupiah. 1,000,000 x 0,3% = rupiah. 3,000 yg bakal kamu temukan kepada hri senin.

    ReplyDelete
  40. Maka semenjak itu kamu bakal disarankan buat Judi bandarq online main bersama sebaik gaya-gayanya buat bela tidak sedikit taruhan dalam permainan tersebut.

    ReplyDelete
  41. Apabila telah dibuat http://pasarqq.co maka tak sanggup memakai screen name tersebut.

    ReplyDelete
  42. Maka akun anda akan di buka kembali https://sahqq.com seperti semula.

    ReplyDelete
  43. Kepada judi online tentunya http://memberqq.me mengunakan duit ori dan mengunakan no. rekening.

    ReplyDelete
  44. Administrator di web http://rajawali99.cc tertulis buat mendaftarkan akun anda.

    ReplyDelete
  45. Kepada sekitar member mesti mengingat no. rekening http://pelangikita.cc 3 digit terakhir mereka,

    ReplyDelete
  46. Terhadap seluruh member mesti http://bandarjud1qq.com mengingat nomer rekening 3 digit terakhir mereka,

    ReplyDelete
  47. Pada membendung hambatan kepada disaat http://pelangi99.cc login ke web tersebut.

    ReplyDelete
  48. Dikarenakan buat kala kamu mendaftarkan akun http://mandiri99.me kamu dgn sah dan absah rasanya saja kamu kesusahan pada mendaftarkan screen name.

    ReplyDelete
  49. Lantaran buat permainan http://ratu99.me ini amat sangat enteng di list kan.

    ReplyDelete
  50. Dan zarah yg satu ini mesti senantiasa di mau http://sahabat99.cc oleh seluruh pemain judi poker online.

    ReplyDelete
  51. Dalam server permainan pokerv, telah ada daftar indo1945 aturan yg mutlak dan mesti ketahuan oleh seluruhnya pemain waktu menciptakan set nickname tersebut.

    ReplyDelete
  52. Sebelum kamu mau main-main https://asikqiu.co tentunya kamu mesti mendaftar apalagi dahulu,

    ReplyDelete
  53. Screen name semula tak mampu ditukar diubah Website championqq sebab berbentuk permanent.

    ReplyDelete
  54. Akun dengan cara automatis bersimbur Situs masterdomino99 dan terblokir kepada sementara.

    ReplyDelete
  55. Sample 5876542132 yg mesti dilakukan bagi http://qqahli.net member isikan kolom cuma bersama angka 132 saja buat rekening yg di daftarkan.

    ReplyDelete
  56. Cimb niaga : 100.000.000 / hari http://mdomino99.cc antar bank cimb niaga, 100.000.000 / hari antar bank lain.

    ReplyDelete
  57. Sepertinya ini saja penjelesan artikel ini pada http://janjiqiu.com gangguan dan susahnya menghasilkan screen name / nick name dalam permainan website pkv. terima kasih.

    ReplyDelete
  58. Lantaran member tidak jarang melaksanakan http://ikanqqiu.net nomer yg di inginkan dan memasukan kata sandi untuk kala mendaftar.

    ReplyDelete
  59. Akun dengan cara automatic http://Murahqq.cc9 rahasia dan terblokir pada sementara.

    ReplyDelete
  60. Kalau-kalau ini saja penjelesan artikel ini buat daftar jadiqq gangguan dan susahnya menciptakan screen name / nick name dalam permainan website pkv. terima kasih.

    ReplyDelete
  61. Di dalam permainan judi bandar poker online yg pastinya telah sanggup jadi permainan judi online yg memang lah lah lah lah telah sangat amat amat teramat amat sangat amat sangat teramat teramat sangat amat sangat sangat di gemar di dalam permainan judi online sejak sejak sejak mulai sejak sejak sejak sejak sejak sejak periode ke permainan judi bandar poker online yg ada di indonesia ini yg telah permainan judi online yg tidak singkat di minati banyaknya member yg mau bermain di dalam permainan judi bandar poker online

    situs poker online
    bandar poker

    ReplyDelete
  62. Hi Guys! This is me: Naincy kumari and I'm once more present with the latest information in connection with your deep interest in call girls. As always I've brought new team of teenager call girls ready to satiate your hunger of female companionship. Just click the links for guidance.

    Mumbai call girls
    Call girls in Mumbai
    Thane Escorts

    kolkata escort
    call girls in park street
    escorts in park street

    mumbai call girl
    russian escorts in mumbai
    Escorts in Chembur
    -----------------------------------------------------------------

    ReplyDelete
  63. Hi friends ! I'm Jasleen Matharu. I like to have bed relationship with different persons rather than with a single man for the whole of life. Not only is this my notion , but also is this fact that the secret organs are made for enjoyment. Please follow me on the links given bellow.

    Escorts in Bhubaneswar
    Escorts in Gurgaon
    Escorts in Gurgaon

    Escorts in Jaipur
    Escorts in Jaipur
    Escorts in Jaipur

    Escorts in Jaipur
    Escorts in Mumbai
    Escorts in Bangalore

    If you are interested in me and my ideology ,then you are invited to my bed. Just go ahead !

    ReplyDelete
  64. https://qqjanji.net
    suatu card 2/5 dan bandar mempunyai card ¼ maka kamu lah yg ke luar sbg pemenangnya.

    bandar judi online

    ReplyDelete
  65. Makasih buat kesempatannya saat ini yaitu pasarqq ingin berbagi sedikit mengenai permainan warnetqq yang menghasilkan uang untuk anda setiap hari di mejaqq dan http://sarana99.tk

    ReplyDelete
  66. daftar judi dominoqq online Cara agar bisa meningkatkan kekayaan di dalam permainan situs judi qq online yang terpercaya di tahun 2018

    ReplyDelete
  67. So all things being equal (in that all numbers are equally likely to be picked), you might as well try to select rarer numbers to http://bisaqq.tk or http://heloqq.tk improve your odds of keeping more of the pot for yourself.

    ReplyDelete
  68. So how do you know which numbers are rare? Some people try to use statistics to find out which numbers are chosen least often kristalpoker and pokerwalet

    ReplyDelete
  69. A creative 3D tattoo designs that just can not go unnoticed. Each new year dictates new trends in fashion, makeup, care, shoes, hairstyles and often tattoo designs. But there are things that are always fashionable. Tattoos are individual choices, and no one can dictate anything to paint on his body. People work tattoo designs - according to their own feelings, their own emotions and their desires. Everyone likes different things. The most important thing is to feel good about yourself. Tattoos - which are very interesting for men and women.

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Apakah anda terpesona dengan satu buah permainan kartu capsa susun judi online yang paling baru? untuk waktu ini permainan benar-benar lah menjadi salah satu kategori permainan kartu yang paling tak singkat peminatnya tak cuma permainan judi poker dan domino
    http://www.weaponseducation.net/member.php?56644-idolaqiuonline

    ReplyDelete
  72. * Terima suatu kekalahan dengan cara lapang dada tambah mesti berupaya bagi peluang yg lain bersama beraneka ragam taktik tidak sama. tidak cuma itu dgn roh jauh lebih baik dibanding melakukan permainan terhadap sebelumnya.

    https://www.voxmedia.com/users/idolapk
    https://idolapk.carbonmade.com/about

    ReplyDelete
  73. KEPALA TOGEL adalah Agen Togel online terpercaya Hadir untuk merekomendasikan BO Terbaik & Terpercaya hanya di KEPALATOGEL.

    Berikut bonus yang di berikan :

    👌Bonus new member 10% ( Sampai dengan Rp50.000 )

    👌 Bonus deposit harian 2% ( Sampai dengan Rp20.000 )

    👌 Hadir dengan 6 Pasaran Resmi terbaik

    👌 Minimal Betting Rp1.000 Rupiah

    👌 Bandar darat / Pengepul darat tidak ada batasan line

    👌 Discount : 2D 29% | 3D 59% | 4D 66%

    👌 Hadiah : 2Dx70 | 3Dx400 | 4Dx3000

    👌 Game Terbaru
    > Slots
    > Casino
    > Bola
    > Tembak ikan

    Support 4 Bank :
    👆 Bca
    👆 Bri
    👆 Bni
    👆 Mandiri

    Fast Respon untuk Deposit & Withdraw.

    Contact person (24 jam)
    Whatsapp Kepalatogel: +6281310048137
    BBM : KEPALATG
    LINE : kepalatogel
    EMAIL : Kepalatgl@gmail.com

    Link pendaftaran :
    https://bit.do/kepalatogel

    ReplyDelete
  74. Maka dari itu akan lebih baik jika anda pilih sebuah jenis permainan yang minim akan resiko contoh game dominoqq online.

    situs judi qq online terpercaya
    dewa poker terpercaya
    login kokiqq

    ReplyDelete
  75. It will efficiently remove the Engine Warning Light PM-10 (Soot & Ash) from the filter restoring the DPF back to 98% original.

    ReplyDelete
  76. qqjanji
    Tapi bersama perkemabangan jaman yg telah modern sudah di cipatkan tidak sebentar teknologi mutakhir seperti telephone seluler kebijaksanaan
    http://www.xn----8sbjgd7aae4bckfq.xn--p1ai/forum/memberlist.php?mode=viewprofile&u=200982

    ReplyDelete
  77. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  78. http://janjiqq.mobi mendalami basic keagungan main Judi Domino99 Online yang bahagia dalam memfasilitaskan keakraban sepihak http://spandan.nmims.edu/author/janjiqqmobi

    ReplyDelete
  79. http://janjiqq.link memahami dasar keagungan bermain Judi Domino99 Online tunggal buah daya pikir yg bisa dapat saja http://spandan.nmims.edu/author/janjiqqlink

    ReplyDelete
  80. http://duetq.net mendalami basic kejayaan main Judi Domino99 Online Kita tak butuh mengacarakan kuno buat laksanakan deposit dan withdraw
    http://spandan.nmims.edu/author/tasyanaura

    ReplyDelete
  81. apa itu games yang sudah akan dapat bisa membuat kamu bisa memperoleh sebuah resiko yang sudah ada di dalam nya
    https://soundcloud.com/user-735094381
    https://8tracks.com/kokikiuco

    ReplyDelete
  82. website janjiqq saat ini ini yg bisa mampu kalian ketahui terhadap dalam permianan judi online ini yg emmanglah di mana kalian terus
    http://rvq-sub.sbq.org.br/index.php/rvq/comment/view/269/0/49032

    ReplyDelete
  83. Pelayanan yang sangat baik kepada semua member tanpa terkecuali. Sehingga membuat para bettors yang bermain merasa nyaman dan aman sehingga mereka sulit untuk pergi mencari agen lainnya.

    http://www.pzhgp.pl/forum/profile.php?mode=viewprofile&u=190940
    https://nikeoutletstoreots.com/bakatpoker-situs-judi-online-terbaik/
    https://nikeoutletstoreots.com/

    ReplyDelete
  84. dari salah satu metode permainan bandar judi poker dan domino99 online ini kamu sedang mampu ingat pertama beraneka rupa rupa jenis permainan termasuk juga berulang tengah pula kembali
    http://www.andindi.it/index.php?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=732694

    ReplyDelete
  85. 지금 이순간에도 토토사이트 먹튀는 잇따라 발생하고 있습니다 저희 위너스 사설토토추천은 약속드립니다 국내에서 사설토토사이트 최고로 안전한 메이저 토토사이트만을 보증금과 함께 제휴협력하여 안전을 책임집니다 토토사이트 추천은 위너스에게 맡겨주십시오

    ReplyDelete
  86. We work with professional topguidepro.com researchers with vast experience in their different fields to bring you credible information you can rely on to better your life.

    ReplyDelete
  87. dikala kamu main-main dan melaksanakan penguberan dengan memanfaatkan jaringan internet tentunya sejumlah pemain sanggup memperoleh tidak sebentar sekali bandar pemain yg amat sangat jambret untuk kamu jenguk atau makin kamu daftarkan di dalamnya http://www.arunagreen.com/index.php/component/k2/itemlist/user/1391162

    ReplyDelete
  88. We create the best home projectors under 200 to serve our readers the best, and if you, as a reader, would have something to recommend, suggest, or feedback our blog work, please kindly let us know through our contact so that we can adjust and improve to serve all the readers even better. Lastly, we hope you enjoy reading our blog, and thanks for visiting us.

    ReplyDelete
  89. bagi dalam permainan judi poker online ini mampu bermanfaat tengah bukan anda yang bermain judi online ini http://www.meridianlogistic.ru/communication/forum/user/152053/

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. bermain game poker online yaitu satu buah permainan game judi kartu besar http://r-presnya.ru/forum/user/52072/

    ReplyDelete
  92. Dimana Server IDN yakni server judi suratberharga online ideal bagi kala ini. Hal ini jua bukan ialah isapan jempol belaka.

    website judi online
    judi online terpercaya
    web judi online

    ReplyDelete
  93. Let do the feeling that the best girls which is the new call phone may be the end and the number of WhatsApp day can be all customer to contact with is other who have sought the best portly no for money recording in Bangalore




    bangalore escorts
    escorts in Bangalore
    bangalore escorts service
    bangalore escorts agency
    call girls in bangalore
    vips girls in bangalore
    independent bangalore escorts
    modal girls in bangalore

    ReplyDelete
  94. Sebagai contoh, katakanlah bahwa tim Biru tuan rumah difavoritkan untuk menang dengan 5,5 poin pada garis pembuka tetapi pada waktu pertandingan, pendukung kota asal Blue telah bertaruh garis hingga -7 poin, sementara itu, penggemar tim
    asikqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq
    hobiqq
    rajawaliqq

    ReplyDelete
  95. judi online terpercaya dijamin tentunya kamu tak mau berlutut sebab maksud kamu Bermain poker online terpercaya

    ReplyDelete
  96. duetqq Kartu remi AS memiliki sistem krama card 1
    kartu 10,K,Q,J mempunyai skor 10 http://www.heromachine.com/forums/users/duetqqcc/

    ReplyDelete
  97. judi bandarq online Penggemar bermaian Judi online tentu tak miring terus dgn permainan sakong online http://www.heromachine.com/forums/users/secretgarden/

    ReplyDelete
  98. Menyugukan objek perjudian berasal objek web poker online yang tidak akan dapat menutup objek rasa-rasanya kepada kamu http://kokikiuco.articlesblogger.com/10979422/kokikiuco

    ReplyDelete
  99. Wow that was unusual. I just wrote an incredibly long
    comment but after I clicked submit my comment didn't show
    up. Grrrr... well I'm not writing all that over again. Regardless, just
    wanted to say excellent blog!
    온라인카지노

    토토사이트

    ReplyDelete
  100. Meraih kemenangan hingga puluhan dan ratusan juta rupiah??
    Tentu bisa, Berikut Bandar Judi terpercaya dan aman untuk di mainkan...
    Domino99
    Banyak agen judi online disana yang terpercaya, bettors hanya perlu memilih salah satunya yang dirasa merupakan cocok untuk bettors jadikan tempat bermain...
    http://www.4linc.com/UserProfile/tabid/42/userId/10949/Default.aspx
    Pilihlah sekarang juga dan menangkan uang sebanyak mungkin sekarang juga!!!
    https://pathbrite.com/portfolio/PwkeLOPsgE/agen-review-judi-online-terpercaya-indonesia/item/PwkeLOPsgE1PYIPN

    ReplyDelete
  101. I got this web site from my pal who shared with me
    concerning this web site and at the moment this time I am browsing this web site and
    reading very informative articles or reviews at this place.
    온라인경마



    ReplyDelete
  102. bandarq
    dapat dgn mudahnya mendapati kemenangna besar.Mengandalkan tehnik bermain guna permainan game judi online
    https://ignitiondeck.com/id/forums/users/54159

    ReplyDelete
  103. setiap member yang bermain dalam permianan poker online dipastikan mereka akan mencoba bermain dalam permainan bandarq online dikarnakan permainan ini anda bisa bermain menjadi bandar.

    ReplyDelete
  104. Janji99 Agen Judi Online Sbobet BandarQ Terbaik 2019
    Agen Bola https://ludomanistudier.dk/publicering/janji99-agen-judi-bola-sbobet-online-indonesia-terpercaya Sbobet bandarq paling baik 2019 memang senantiasa menjadi pilihanan semua bettor yang gemar bermain judi online.

    ReplyDelete
  105. Good article! We will be linking to this particularly great
    article on our website. Keep up the good writing. 토토사이트



    ReplyDelete
  106. setiap member yang bermain dalam domino99 dipastikan anda harus bermain dalam judi online ini agar bisa mendapatkan kemenangan dengan muda ketika bermain.

    ReplyDelete
  107. yang telah bergabung yang akanlah menjadi membernya teresbut dan jugalah pada hal tersebut ini yang akan teramat penting ini yang sebab menjadi member baru ini
    https://www.ted.com/profiles/17500033

    ReplyDelete
  108. bija sedang pula apakah dapat di pastikan bila letak – tempat bettingan poker online tersimpan dapat dipercayai dengan Seutuhnya
    http://kokiqq888.pen.io/

    ReplyDelete
  109. bagi anda yang bermain dalam permainan bandar99 dipastikan anda harus bermain dengan tenang dalam permainan judi online ini. Dikarenakan ini akan menguntungkan anda ketika bermain.

    ReplyDelete
  110. mainkan dan menangkan di situs dengan id pro terbaik yg memudahkan kemenangan besar anda
    tiketqq
    mejaqq

    ReplyDelete
  111. ketika anda bermain dalam permainan domino99 dipastikan anda harus bermain dalam server pkv games dimana bisa menguntungkan anda ketika bermain dalam permainan ini.

    ReplyDelete
  112. Karena service 24jam non berhenti diberikan bakatpoker untuk anda semua. Lantaran bakatpoker dapat terus membidikkan bahwa mereka yaitu salah satu website judi Paling baik.

    http://www.yanxinqigong.biz/__media__/js/netsoltrademark.php?d=157.230.244.149/
    dewa poker

    ReplyDelete
  113. Thank you for sharing your opinion. I value your honesty and will respond as quickly as possible.Buy Real Instagram Followers UK

    ReplyDelete
  114. Bandar judi terbaik di Indonesia JANJIQQ dengan memberikan pelayanan 24 jam setiap hari!!!

    Dengan memberikan banyak bonus serta winrate 89% yang tinggi untuk semua member yang bermain!!!
    Bonus yang diberikan juga sangat menarik dengan :
    - 0.3% Bonus cashback Setiap minggunya
    - 20% Bonus referral yang didapatkan SEUMUR HIDUP!!!

    Menang berapapun pasti dibayar!!!
    Mainkan sekarang juga dan buktikan WINRATENYA!!!

    LANGSUNG DAFTAR JUGA SEKARANG BERSAMA KAMI :
    - Situs Poker Online
    - Dewa Poker
    - Situs Poker Online Terpopuler

    ReplyDelete
  115. REKOMENDASI situs judi qq poker domino99 online yang terpercaya. mungkin anda bingung dengan banyaknya agen situs judi online yang ada di indonesia. tidak semua agen situs judi online bisa anda percaya. jadi pastikan anda tidak salah memilih situs tempat anda bermain. link di bawah ini merupakan agen situs judi online yang sudah terbukti kwalitasnya. saya sangat merekomendasikan anda untuk bermain di salah satu agen yang ada di link tersebut.


    situs99dominoqq Daftar Agen situs PKV games terbaik dan terpercaya tahun 2020. tingkat kemenangan mencapai 100%. peluang menang sangat besar, daftar dan gabung dengan agen yang sudah terbukti dengan klik link dibawah ini :


    situs99dominoqq << silahkan di klik <<<

    ReplyDelete
  116. http://family.blog.hofstra.edu/2013/07/parent-orientation.html?showComment=1590986048849#c396144860008233403
    https://mycc.cambridgecollege.edu/ICS/Academics/ESP/ESP__800A/2016_04-ESP__800A-SP01/Coursework.jnz?portlet=Coursework&screen=StudentAssignmentFacultyView&screenType=change&id=5fb76451-ec36-4249-b954-cffd2b58b0ac&s=cd5a063e-af64-47ba-977f-1e5efd3b602d
    https://mycc.cambridgecollege.edu/ICS/Academics/ESP/ESP__800A/2016_04-ESP__800A-SP01/Coursework.jnz?portlet=Coursework&screen=StudentAssignmentFacultyView&screenType=change&id=5fb76451-ec36-4249-b954-cffd2b58b0ac&s=cd5a063e-af64-47ba-977f-1e5efd3b602d
    http://lumenstudet.cempaka.edu.my/2013/07/notebook-design.html?showComment=1590986222680#c4904642522627284638
    https://blogs.elon.edu/hawaii/2014/01/15/puuhonua-o-honaunau-and-greenwell-farms/#comment-168020
    https://www.eie.unse.edu.ar/cmseie/index.php/course/create-a-website-using-wordpress/#comment-87982
    https://my.gcc.edu/ICS/Academics/EDUC/EDUC_430/2010_30-EDUC_430-A/Gradebook.jnz?portlet=Gradebook&screen=ViewStudentDetail&screenType=next&StudentID=96144033-66b2-4133-996e-3ee24d41d701
    https://www.hendrix.edu/theatrearts/blogpost.aspx?id=31200&blogid=3302
    https://cmconnect.cmcc.edu/ICS/_portletview_/Academics/MCO/MCO__110/1617_FA-MCO__110-51___N/Coursework.jnz?portlet=Coursework&screen=StudentAssignmentFacultyView&screenType=change&id=ae36cb3e-c852-4670-bde9-6d309896e2e2&s=70c36a2c-433e-4eee-a1ab-4f7018930447
    http://beasiswa.mercubuana.ac.id/2017/04/kuliah-online-s1-dan-s2-di-beberapa.html?showComment=1590988320812#c3974583822191538179

    ReplyDelete
  117. Ketika anda bermain dalam link http://94.46.60.6 dipastikan anda harus bermain dalam situs poker online dimana bisa menguntungkan anda ketika bermain.

    ReplyDelete
  118. Situs deposit pulsa menyediakan support deposit pulsa via XL, Telkomsel dan Axis.

    ReplyDelete
  119. Terima kasih infonya menarik sekali. Sangat membantu, salam dari kami
    Webmedia Training Center

    ReplyDelete
  120. Buat penghasilan dengan mudah hanya dengan bermain permainan dominoqq , bandarqq di situs berlinqq https://dominoqqme.com/

    ReplyDelete
  121. ketika bermain dalam permainan bandarq dipastikan anda harus bermain dalam poker online dimana anda bisa menjadi yang terbaik dan luar biasa.

    ReplyDelete
  122. Sbobet terlengkap dan terpercaya hanya di bosbobet barakcasino promo bonus dan deposit murah. kunjungi kami di http://149.28.153.153/

    ReplyDelete
  123. Pastikan untuk mengerti panduan permainan yang ada di PKV Games terlebih dahulu untuk lebih mudah dalam bermain. Sehingga dengan begitu member akan lebih mudah meraih kemenangan karena tahu cara bermainnya.

    - Panduan PKV GAMES
    - Judi Online
    - PKV GAMES

    Gabung sekarang juga dengan situs pilihan kami yang sudah pasti terjamin aman 100% terpercaya. Menang berapapun pasti dibayar karena memang sudah dipercaya di Indonesia sejak 2013.

    ReplyDelete
  124. BakatPoker Situs Poker Ceme Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia

    poker online
    poker88

    ReplyDelete
  125. ketika bermain dalam link http://104.248.156.25/judi-bola anda harus bermain dalam judi online yang menguntungkan anda ketika bermain.

    ReplyDelete
  126. Anda bisa masuk ke dalam situs PKV games judi online ini kemudian anda memilih menu log in https://itsmyurls.com/kokiqqjaya88

    ReplyDelete
  127. BakatPoker sendiri adalah agen judi online yang sudah banyak dikenal dan juga sudah sangat lama melayani para pemain judi online.

    https://projectnursery.com/author/bangbakat/

    ReplyDelete
  128. Sudah terhitung dari 2015 BakatPoker berdiri, dan juga melayani para penggemar permainan judi online.

    http://www.vaticanroom.it/component/k2/itemlist/user/967923

    ReplyDelete
  129. Sehingga BakatPoker sendiri mempunyai banyak sekali member yang bermain dan juga menjadi member setia di BakatPoker.

    http://ukmediaroom.com/bakatpoker-situs-judi-poker88/

    ReplyDelete
  130. slot online joker123 terpopuler hanya ada di website terbaik kami http://139.180.184.251/

    ReplyDelete
  131. dan penjudi biasanya dominoqq akan tahu apa yang harus untuk dilakukan kedepannya dengan menentukan pilihan https://nsc.stmu.edu.pk/forums/users/idolaqqjaya88/

    ReplyDelete
  132. Saat memenangkan togel sgp, jangan lupakah data sgp yang sudah dipakai yaitu dari http://pengeluaransgp88.com

    ReplyDelete
  133. bandar togel online kingdomgrup sudah tidak perlu di ragukan lagi bosku http://128.199.187.54/

    ReplyDelete
  134. hkpools adalah situs web terbaik dan terupdate.

    ReplyDelete
  135. situs slot deposit pulsa terpercaya yang menyediakan berbagai macam sistem pembayaran yang memudahkan para pemain dalam melakukan transaksi dan juga mempunyai customers service yang berkualitas bagus dan 24 jam nonstop melayani para pemain.

    ReplyDelete
  136. Dengan Begitu idslot77 itulah beberapa alasan Kenapa, semua bettor – bettor judi online ingin sekali bermain judi slot joker123 online sekarang ini http://eeyem-portal.eap.gr/wiki/index.php/Talk:KupuMalam8888

    ReplyDelete